PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN HASIL PENGEMBANGAN

PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN HASIL PENGEMBANGAN




Media pembelajaran yang memanfaatkan multimedia mampu memberikan keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis media pembelajaran lainnya. Media pembelajaran berbasis multimedia menuntut pengguna terutama siswa atau peserta didik untuk mampu menggunakan dan melatih keterampilan dalam pemakaiannya. Penggunaan beberapa indera terutama visual dan suara membuat multimedia mampu menyajikan fenomena-fenomena yang tidak mampu disajikan dalam pembelajaran secara langsung. Terlebih lagi multimedia mampu membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa serta masih banyak lagi keuntungan dan keunggulan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia.
Macam-Macam File Multimedia untuk Media Pembelajaran
Pengaruh penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat cukup signifikan, oleh karena itu hendaknya multimedia harus dikembangkan dengan cara dan tahapan yang tepat agar produk multimedia yang dihasilkan tepat diterapkan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia terdiri dari gabungan beberapa objek dimana antara objek satu dengan lainnya saling mendukung dan dirancang sehingga mampu menampilkan materi secara lugas dan jelas.
Banyak objek yang bisa dilibatkan dalam sebuah produk multimedia. Objek-objek tersebut disusun dengan baik agar mampu menyampaikan materi pelajaran. 
Anderson (1976) mengelompokkan media menjadi 10 golongan sbb :

No
Golongan Media
Contoh dalam Pembelajaran
I
Audio
Kaset audio, siaran radio, CD, telepon
II
Cetak
Buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
III
Audio-cetak
Kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
IV
Proyeksi visual diam
Overhead transparansi (OHT), Film bingkai (slide)
V
Proyeksi Audio visual diam
Film bingkai (slide) bersuara
VI
Visual gerak
Film bisu
VII


Audio Visual gerak, film gerak bersuara, video/VCD, televise
VIII
Obyek fisik
Benda nyata, model, specimen
IX
Manusia dan lingkungan
Guru, Pustakawan, Laboran
X
Komputer
CAI (Pembelajaran berbantuan komputer), CBI (Pembelajaran berbasis komputer)

Sutopo (2012: 104) menyebutkan beberapa objek yang dapat digunakan dalam produk multimedia pembelajaran antara lain text, grafik atau image, animasi, audio, video, dan link interaktif.
Text
Text sudah pasti banyak dikenal semua orang. Teks menjadi dasar pengolahan kata dan kalimat serta informasi berbasis multimedia. Teks mampu menjelaskan dan menyajikan materi berupa tulisan. Penggunaan teks dalam produk multimedia perlu memperhatikan beberapa hal seperti hypertext, Text style, Text Searching, hingga export dan import text.
Image dan Grafik
Image dan grafik yang dimaksudkan adalah still image yang bisa berupa foto atau gambar. Image atau grafik ini memiliki orientasi visual dimana image mampu menyajikan fenomena yang tidak mampu dihadirkan secara langsung, contoh saja ingin memperlihatkan foto planet-planet yang tentu saja tidak mungkin diperlihatkan secara langsung. Image dan grafik bahkan mampu menyajikan data-data sehingga lebih mudah dibaca serta mampu juga menyajikan sesuatu yang abstrak yang hanya dibayangkan menjadi sebuah sajian visual.
Animasi
Animasi merupakan olahan gambar yang lebih lanjut dimana gambar tersebut dapat bergerak. Animasi lebih menekankan pada pembuatan ilustrasi visual oleh manusia yang dibuat menggunakan software dengan bantuan komputer. Ilustrasi dasar dibuat kemudian ilustrasi dasar tersebut dibuat bergerak sesuai dengan narasi yang telah direncanakan. Konsep animasi ini banyak digunakan untuk pembuatan film kartun serta simulasi visual sebuah fenomena yang memiliki proses atau tahapan.
Audio
Audio mampu menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk suara atau lisan. Materi pelajaran dapat direkam lalu disusun sesuai narasi kemudian dapat diperdengarkan pada peserta didik. Penggunaan audio terutama musik pada multimedia dapat menekankan sebuah gambar atau video kejadian tertentu, juga dapat digunakan sebagai background sound effect.
Video
Video juga merupakan gambar yang bergerak, namun video kebanyakan berupa penggabungan hasil tangkapan kamera serta juga dapat menggunakan animasi yang digabungkan mengikuti narasi atau storyboard. Dapat juga berupa slide-slide yang disusun sesuai urutan kemudian diconvert atau diexport menjadi video sehingga mampu menampilkan materi pelajaran yang dikehendaki.
Link Interaktif
Interactive Link ini mampu menjadikan produk multimedia yang dihasilkan menjadi media pembelajaran interaktif. Link interaktif ini mampu menghubungkan satu objek atau tampilan layar dengan objek atau tampilan layar lainnya. Interactive Link juga mampu digunakan untuk menjalankan perintah tertentu sehingga produk multimedia dapat diprogram menjadi media pembelajaran interaktif dimana peserta didik mampu secara aktif berinteraksi dengan media pembelajaran berbasis multimedia tersebut. Menurut Luther dalam Sutopo (2012: 111) penggunaan link interaktif dalam produk multimedia dapat berupa button (tombol), menu, dan hypertext.
Dalam sebuah produk atau media pembelajaran berbasis multimedia tidak selalu terdapat semua objek yang telah disebutkan diatas, bisa saja hanya terdapat satu atau dua objek saja namun juga bisa terdapat semua objek dalam sebuah produk multimedia pembelajaran. Porsi pemberian masing-masing objek tentu disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dalam pengembangan produk multimedia untuk pembelajaran. Pembuatan dan pengembangan produk multimedia untuk pembelajaran dapat mengikuti tahapan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan mengikuti tahap pengembangan ini maka dapat menghasilkan produk multimedia yang berkualitas dengan penggunaan objek-objek media dengan proporsi yang tepat untuk pembelajaran.
untuk pengembangan multimedia yang saya lakukan adalah mengubah media powerpoint yang didalamnya terdapat sedikit animasi menjadi sebuah video yang membantu saya dalam memahami mengenai ikatan kimia. saya lebih mudah memahami sesuatu melalui audio visual dan gabungan kata pada suatu video. secara langsung saya paham, namun memang perlu adanya pengulangan terkait dengan materi yang disampaikan. pada video ini menjelaskan bagaimana sebuah unsur mencapai kestabilan dengan melakukan penyatuan atau ikatan dengan unsur lain. untuk lebih memahaminya, silahkan kunjungi link berikut:


permasalahan:
1. Apakah media yang digunakan ini telah efektif? Bagaimana tanggapan anda?
2. Apakah terdapat kekurangan akan multimedia yang digunakan? Apa yang harus diperbaiki dari multimedia tersebut?
3. Hal apa yang harus diperhatikan untuk memilih multimedia yang cocok bagi proses pembelajaran? 


Komentar

  1. Baiklah saya akan menanggapi persoalaan nomor 2, dimana pada media yg telah saudara buat itu menurut saya jika hanya tenks saja tanpa ada penjelasan dri yg membuat mungkin org tidak mengerti apa yg ingin anda sampaikan, seperti bagan seharusnya ada audio visual yg menjelaskan nya, dan dalam proses ikatan kimia , teks pada animasi yg anda buat terlalu kecil dan transisi waktuny cepat sehingga tidak bisa di baca. Untuk perbaikan mungkin akan lebih baik jika ada audio visual yg menjelaskan materi

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah saya setuju dengan pendapat saudari shabrina yang mana sebaiknya ada audio visual dalam vidio tersebut sehingga anak lebih bisa mengerti dan kekurangannya menurut saya sebaiknya musik diganti menjadi audio yang menjelaskan karena bisa saja salah satu anak tidak bisa terfokus apabila mendengar suara musik dan juga apabila terdapat musik dan ada audio maka itu akan mengganggu konsentrasi anak karena terdapat dua suara didalamnya

      Hapus
  2. Baik, saya ingin menanggapi pertanyaan saudara nomor 3 dimana Hal apa yang harus diperhatikan untuk memilih multimedia yang cocok bagi proses pembelajaran? maka jawaban saya adalah kebutuhan siswa itu sendiri dimana seperti kita ketahui bahwa multimedia itu sebagai alat bantu siswa yang memfasilitasi siswa dalam belajar agar pembelajaran lebih menarik dan sebagainya. jadi, dengan demikian seharusnya sebagai seorang guru harus tahu, kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh siswa nya sehingga media yang disajikan tepat sehingga pada saat pembelajaran tersebut tidak memecahkan konsentrasi siswanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah disini saya sependapat dengan saudari Nurul, ingin sedikit menambahkan hal lain yg harus diperhatikan dalam memilih multimedia yang akan digunakan adalah materi dan tujuan pembelajaran, multimedia yang akan digunakan haruslah cocok dengan materi yg akan dijelaskan karena apabila tidak sesuai maka bisa bisa dengan penggunaan multimedia tersebut seorang peserta didik akan tidak berkonsentrasi

      Hapus
  3. Saya ingin menanggapi permasalah ke dua saudara menurut saya akan lebih baik jika video ini ditambah audionya bukan music saja tapi juga penjelasan karena jika yang ditampilkan adalah sebuah gambar grafik maka beberapa orang mungkin saja tidak memahami apa maksudnya kecuali jika dia telah mempelajari sebelumnya, selain itu pergantian slide yang terlalu cepat, menurut saya karena yang ditampilkan disetiap slide berbeda akan lebih baik jika waktu pe slidenya menyesuaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. meanambahkan, untuk multimedia yang digunakan sudah cuku baik, hanya saja penjelasan materi ajar yang di gunakan dalam multimedia ini masih kurang jelas.
      maka sebaiknya menjelaskannya menggunakan suara.

      Hapus
  4. baik saya akan menjawab permasalahan no 3
    Adapun kriteria pemilihan media pembelajaran yang benar adalah :
    Topik menarik bagi siswa
    Materi dalam media penting bagi siswa
    Relevan dengan kurikulum yang berlaku
    Materinya autentik dan faktual
    Fakta atau konsepnya benar
    Format sistematis dan logis
    Objektif berorientasi kepada kebutuhan siswa
    Narasi, gambar, efek, warna dan sebagainya memenuhi syarat kualitas
    Bahasa, ilustrasi, simbol komunikatif
    Sudah teruji daya dukungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sepndapat dgn saudari ica, terkait hal apa yang harus diperhatikan untuk memilih multimedia yang cocok dlm proses pembelajaran yaitu multimedia harus mampu membantu dalam proses pengaran guru terlebih lagi kemudahan siswa memahami suatu materi pelajaran.

      Hapus
  5. Saya akan menjawab permasalahan Anda yang pertama menurut Saya multimedia Anda sudah efektif kaRena dilengkapI dengan animasi pembentukan ikatan,audio, serta teka yang tertera. Hanya saja akan lebih efektif jika dilengkapi soal-soal latiahan pada videonya

    BalasHapus
  6. Saya sependapat dengan intan dimana hal yang harus diperhatikan itu harus lah sesuai dengan tujuan dan sesuai dengan kebutuhan siswa untuk mencapai suatu proses pembelajaran multimedia.

    BalasHapus
  7. untuk memilih media yang digunakan maka kita harus meninjau terlebih dahulu apakah media tersebut telah sesuai dengan kekurangan kita atau apa yang kita butuhkan sehingga dalam penggunaanya pun kita bisa lebih leluasa

    BalasHapus
  8. Saya coba menjawab permasalahan ketiga, yaitu dengan menyesuaikan media yang akan digunakan dengan materi dan tujuan yang akan dicapai, serta sasaran yang akan digunakan media tersebut.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer